Sabtu, 08 November 2014

Wantiro Kota Bau-Bau






Wantiro merupakan salah satu obyek wisata yang berada di kota Bau-Bau. Obyek wisata ini merupakan sebuah ruang publik yang dibangun oleh Pemerintah Kota Bau-Bau pada 2008.
Dinamakan Pelataran Wantiro karena pengunjung dapat menyaksikan seluruh lanskap Kota Bau-Bau dari tempat itu. Kata wantiro berasal dari bahasa setempat yang berarti memandang ke bawah. Obyek wisata ini memang dibangun di atas bukit di kawasan Pantai Warumusio dengan posisi menghadap langsung ke Pulau Makassar serta Teluk Bau-Bau atau sering disebut “kolam laut”. Pemandangan lain yang tak kalah menariknya untuk disaksikan dari Pelataran Wantiro adalah beragam kegiatan lomba olahraga air, seperti jet sky, banana boat, flying fish, perahu naga, serta lomba renang antara Pulau Makassar-Kota Bau-Bau. Namun, beragam kegiatan olahraga tersebut hanya dapat disaksikan satu tahun sekali, yakni pada acara Festival Perairan Pulau Makassar (FPPM) yang biasanya dilaksanakan setiap bulan Juli.
Keberadaan Pelataran Wantiro tidak lepas dari program Walikota Bau-Bau, Drs. H. MZ. Amirul Tamim, M.Si. yang menjadikan laut sebagai halaman depan. Selain itu, minimnya tempat-tempat wisata yang menarik di Kota Bau-Bau juga menjadi alasan dibangunnya obyek wisata ini. Alhasil, Pelataran Wantiro menjadi salah satu kawasan wisata yang sukses dibangun oleh Pemerintah Kota Bau-Bau. Terbukti, obyek wisata tersebut kini menjadi tempat yang paling ramai dikunjungi oleh para wisatawan, khususnya bagi mereka yang membutuhkan suasana ketenangan dan kebersahajaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar